PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Isnania Lestari IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.5

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran mind mapping dalam metode quantum learning pada mata pelajaran  TIK untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sungai Laur Kabupaten  Ketapang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Pre-experimental Design. Hasil yang diketahui sebelum diterapkan model tersebut, nilai rata-rata sebesar 64,19 dengan kriteria tergolong cukup. Kemudian setelah diterapkannya model tersebut, hasilnya menunjukan  nilai rata-rata sebesar 81,06 dengan kriteria tergolong istimewa. Selanjutnya terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran tersebut dengan memiliki nilai Gain score sebesar 0,47 dengan Kriteria sedang. Berdasarkan penelitian yang telah diterapkan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dalam metode quantum learning pada mata pelajaran  TIK dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sungai Laur Kabupaten  Ketapang.

Downloads

Published

2018-09-30

How to Cite

Lestari, I. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 231–239. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.5

Issue

Section

Articles