PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.5Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran mind mapping dalam metode quantum learning pada mata pelajaran TIK untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sungai Laur Kabupaten Ketapang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Pre-experimental Design. Hasil yang diketahui sebelum diterapkan model tersebut, nilai rata-rata sebesar 64,19 dengan kriteria tergolong cukup. Kemudian setelah diterapkannya model tersebut, hasilnya menunjukan nilai rata-rata sebesar 81,06 dengan kriteria tergolong istimewa. Selanjutnya terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran tersebut dengan memiliki nilai Gain score sebesar 0,47 dengan Kriteria sedang. Berdasarkan penelitian yang telah diterapkan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dalam metode quantum learning pada mata pelajaran TIK dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sungai Laur Kabupaten Ketapang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.