PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN KARANGANYAR

Authors

  • Muh. Husyain Rifai
  • Ary Wijayanti

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i3.50

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk  mengetahui tentang 1) ketersediaan  yang meliputi a) jenis, b) jumlah, dan c) kondisi, 2) pemanfaatan media pembelajaranPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data penelitian merupakan data kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMA di Kabupaten Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi SMA dan siswa SMA kelas X, XI IPS dan XII IPS di Kabupaten Karanganyar.yang meliputi 23 SMA, terdiri dari 17 SMA negeri dan 6 swasta. SMA yang dijadikan subyek penelitian ditentukan dengan teknik proportional random sampling sehingga diperoleh 13 SMA. Jumlah sampel guru dan siswa ditentukan secara purposive sampling, dalam hal ini jumlah guru masing-masing sekolah 1 orang dan siswanya sebanyak 6 orang, sehingga jumlah keseluruhan sampel guru sebanyak 13 orang dan siswa sebanyak 78 orang. Pengambilan data dalam penelitian menggunakan metode angket, wawancara dan observasi.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Capaian penelitian ini diantara : 1) Ketersediaan media meliputi; a) Jenis Media paling banyak adalah atlas, gambar, globe,peta , slide powerpoint, dan seperangkat komputer.b) jumlah media tergolong sedang. c) kondisi media tergolong baik. 2) Pemanfaatan media dilihat dari variasi media tergolong sedang, yaitu 65,25% faktor pendorong memilih media tergolong tinggi, 55%, tanggapan siswa tergolong tinggi, yaitu 63,65 % dan kesempatan siswa tergolong sedang 78%.

Downloads

Published

2017-09-30

How to Cite

Rifai, M. H., & Wijayanti, A. (2017). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN KARANGANYAR. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 210–215. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i3.50

Issue

Section

Articles