KOLABORASIMODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLEDENGAN KARTU PINTARPADA PELAJARAN IPS

Authors

  • Wawan Priyanto

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i3.51

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuidanmenganalisispengaruh model inside outside circle yang dikolaborasikan dengan media kartupintarterhadapaktivitasdanhasilbelajar IPS siswakelas III SD NegeriJomblang 01.JenispenelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganpenelitianQuasi Experimental Design danPretest-Posttest Control Group.Sampel yang diambiladalah 26 siswakelas IIIA dan 24 siswakelas IIIB denganmenggunakanteknikNonprobability Samplingberbentuksampling jenuh. Berdasarkananalisis data, diperolehhasilsebagaiberikut: reratapretest kelaskontrol 69 dankelaseksperimen 70, sertarerataposttestkelaskontrol 83, dankelaseksperimen 90. Sehinggadidapatkanhasiluji-t tthitung(2,252)  ≥ t tab (1,676). Berdasarkanhasilhipotesis yang dilakukanberartiterdapatadapengaruhsignifikan model pembelajaraninside outside circle dengan media kartupintarterhadapaktivitasdanhasilbelajar IPS siswakelas III SDN Jomblang 01. Selain itu juga terdapat penambahan langkah-langkah penerapan model pembelajaran inside outside circledengan media kartupintar.

 

Downloads

Published

2017-09-30

How to Cite

Priyanto, W. (2017). KOLABORASIMODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLEDENGAN KARTU PINTARPADA PELAJARAN IPS. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3). https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i3.51

Issue

Section

Articles