IMPLEMENTASI TEKNIK 3N KI HAJAR DEWANTARA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA MAHASISWA

Authors

  • Hayatun Nufus
  • Puspa Indah Utami

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.6

Abstract

Implementasi teknik 3N diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen pada mahasiswa. Niteni dalam bahasa Indonesia berarti memperhatikan, mengamati, dan menyimak, sedangkan niroake artinya menirukan , dan nambahi artinya menambahkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam  membuat cerpen sebagai hasil dari implementasi teknik Niteni, Niroake, dan Nambahi (3N)  Ki Hajar Dewantara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penelitian tindakan terdiri dari  empat tahap. Keempat tahap ini adalah (1) tahap perencanaan, (2) tahap tindakan, (3) tahap pengembangan, dan (4) tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6B yang berjumlah 43 mahasiswa. Aspek yang dinilai dalm menulis cerpen adalah alur atau plot, tokoh dan penokohan, latar, gaya bahasa, sudut pandang, dan tema cerita.  Hasil penelitian dari prasiklus hingga ke siklus kedua mengalami peningkatan. Pada tahap observasi, mahasiswa  rata-rata telah mengetahui teori menulis cerpen hal ini berdasarkan dari pengamatan yang mencapai 97, 27%.   Rata-rata nilai yang diperoleh pada prasiklus adalah70,0, siklus pertama rata-rata nilai adalah 76,6, dan siklus kedua rata-rata nilai mahasiswa adalah 81, 0.  Dari keenam aspek menulis cerpen, gaya bahasa memperoleh nilai terendah dan yang tertinggi adalah mengenai tema cerita.

Downloads

Published

2018-09-30

How to Cite

Nufus, H., & Utami, P. I. (2018). IMPLEMENTASI TEKNIK 3N KI HAJAR DEWANTARA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA MAHASISWA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 240–251. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.6

Issue

Section

Articles