MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP POSITIF MAHASISWA AKUNTANSI MELALUIPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.62Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran berbasis masalahyang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap positif mahasiswa akuntansi offering FF Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian pada mahasiswa di offering FF Universitas Negeri Malang pada tahun ajaran 2011/2012 menunjukkan bahwa ketercapaian dosen dan ketercapaian aktivitas mahasiswa dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada setiap siklus yaitu ketercapaian dosen dan ketercapaian aktivitas mahasiswa pada siklus 1, 2 dan 3. sedangkan peningkatan persentase observasi kempampuan berpikir kritis dan sikap positif mahasiswa pada saat pembelajaran pengantar akuntansi II berlangsung dapat dilihat pada analisis hasil penskoran persentase kemampuan berpikir kritis mahasiswa dapat ditunjukkan oleh persentase seluruh aspek kemampuan berpikir kritis tiap tindakan siklus.Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam pembelajaran pengantar akuntansi II pada mahasiswa akuntansi offering FF Universitas Negeri Malang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan sikap positif mahasiswa terhadap pembelajaran pengantar akuntansi II mengalami peningkatan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.