ANALISIS FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA D-IV BIDAN PENDIDIK

Authors

  • Vitria Ningsih
  • Hartini Hartini

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.66

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor internal yang berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi DIV Bidan Pendidik Universitas Respati Yogyakarta. Metode yang digunakan  deskriptif analitik korelasional. Pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling. Subyek penelitian adalah semua mahasiswa semester III Program Studi DIV Bidan Pendidik sejumlah 47. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan uji statistik kendall tau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis minat terhadap prestasi belajar diperoleh p-value 0,031, motivasi terhadap prestasi belajar p-value 0,045, kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar p-value 0,048, kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar p-value 0,003, kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar dengan p-value 0,640. Kesimpulannya faktor minat, motivasi, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan emosional mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa

Downloads

Published

2017-12-30

How to Cite

Ningsih, V., & Hartini, H. (2017). ANALISIS FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA D-IV BIDAN PENDIDIK. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 333–339. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.66

Issue

Section

Articles