HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DIII KEBIDANAN
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.67Abstract
Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar pada mahasiswa DIII Kebidanan di Universitas Respati Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan desain deskriptif Corelasional denganpendekatan ex-post facto.Populasi target penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi di DIII Kebidanan Semester IV kelas A11 yang mendapatkan mata kuliah asuhan kebidanan 83 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Probability Sampling sebanyak 54 orang.Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan melalui uji validitas.Analisis data menggunakan uji statisktik Chi-square.Hasil penelitian ini diantaranya 1)Gaya belajar kinestetik sebesar 22 orang (40,7%). 2) Hasil belajar kategori baik sebanyak 27 orang (50,0%). 3) Ada hubungan gaya belajar dengan hasil belajar yaitu 0,047 (p-value <0,05). 4) Keeratan hubungan gaya belajar dengan hasil belajar mata dalam kategori rendah (0,389). Kesimpulannya ada hubungan gaya belajar dengan hasil belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan pada mahasiswa DIII Kebidanan semester IV di Universitas Respati Yogyakarta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.