HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DIII KEBIDANAN

Authors

  • Eko Mindarsih
  • Tria Syafitri

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.67

Abstract

Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar pada mahasiswa DIII Kebidanan di Universitas Respati Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan desain deskriptif Corelasional denganpendekatan ex-post facto.Populasi target penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi di DIII Kebidanan Semester IV kelas A11 yang mendapatkan mata kuliah asuhan kebidanan 83 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Probability Sampling sebanyak 54 orang.Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan melalui uji validitas.Analisis data menggunakan uji statisktik Chi-square.Hasil penelitian ini diantaranya 1)Gaya belajar kinestetik sebesar 22 orang (40,7%). 2) Hasil belajar kategori baik sebanyak 27 orang (50,0%). 3) Ada hubungan gaya belajar dengan hasil belajar yaitu 0,047 (p-value <0,05). 4) Keeratan hubungan gaya belajar dengan hasil belajar mata dalam kategori rendah (0,389). Kesimpulannya ada hubungan gaya belajar dengan hasil belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan pada mahasiswa DIII Kebidanan semester IV di Universitas Respati Yogyakarta.

Published

2017-12-30

How to Cite

Mindarsih, E., & Syafitri, T. (2017). HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DIII KEBIDANAN. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 340–347. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.67

Issue

Section

Articles