PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN SILABUS DAN RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.70Abstract
Penelitian ini bertujuan membantu mahasiswa dalam mempermudah pemahaman mereka tentang bagaimana cara pembuatan Silabus dan RPP serta dengan adanya video tutorial yang dikembangkan akan dapat memberikan kesempatan yang luas untuk mahasiswa dalam mempelajari pembuatan Silabus dan RPP kapan pun dan dimana pun. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Sampel penelitian yang digunakan adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Jurusan Pendidikan Sosiologi/Antropologi yang berjumlah 56 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan lembar validasi serta angket/respon mahasiswa. Untuk selanjutnya, masing–masing lembar jawaban angket akan diukur untuk menentukan tingkat kesesuaian atau ketepatan video tutorial yang telah dikembangkan dalam bentuk persentase kelayakan produk untuk digunakan. Berdasarkan temuan penelitian, telah ditemukan bahwa respon mahasiswa terhadap video tutorial yang dikembangkan oleh peneliti berkategori Baik dengan tingkat rata-rata persentase sebesar 52,0 %, dan respon Sangat Baik berata-rata sebesar 38,9 %, sedangkan sebesar 8,4 % respon mahasiswa berkategori Kurang Baik dan 0,6 % respon mahasiswa menanggapi Tidak Baik. Maka dapat dikatakan video tutorial tentang Pembuatan Silabus dan RPP dapat digunakan sebagai perangkat perkuliahan dan tidak perlu ada perbaikan yang harus dilakukan peneliti.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.