ANALISIS MASALAH PEMBELAJARAN KELAS XII JURUSAN PERTANIAN DI SMK PABA BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.75Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah-masalah pembelajaran kimia di SMK PABA Binjai kelas XII jurusan pertanian.Penelitian ini dilaksanakan di SMK PABA Binjai, yang menjadi sampel adalah kelas XII jurusan pertanian. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan angket.Wawancara dilakukan dengan pembantu kepala sekolah dan guru, pemberian angket dilakukan pada siswa.Metode analisis yang digunakan adalah metode deskritif (%).Berdasarkan hasil angket dan wawancara, masalah pembelajaran yang ditemukan dianalisis dari 3 (tiga )aspek yaitu: (a) Masalah pembelajaran meliputi faktor siswa, guru dan fasilitas, 50% siswa tidak menyukai kimia karena materinya sulit dipahami, guru yang mengajar berlatarbelakang dari nonkependidikan dan mengajarkan dua mata pelajaran sekaligus yakni fisika dan kimia sehingga tidak maksimal dalam mengajar, 63% siswa menyatakan fasilitas lab kurang lengkap (b) Masalah bahan ajar, bahan ajar yang digunakan ini tidak sesuai dengan kelas XII SMK pertanian karena isi materi buku tersebut adalah materi dan ringkasan soal-soal kelas 1 sampai kelas 3 sekolah Menengah Atas (SMA). Urutan materi buku tersebut tidak sesuai dengan apa yang dikembangkan dalam silabus BSNP yang diadopsi SMK pertanian PABA Binjai. (c) Masalah resources (sumber belajar), sumber belajar yang digunakan adalah guru dan fasilitas (ruang kelas, laboratorium kebun percobaan belum maksimal).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.