PERSEPSI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS TERHADAP PENDIDIKAN LANJUTAN
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.81Abstract
Persepsi peserta didik tentang pendidikan lanjutan sangat penting untuk kesuksesan karirnya. Persepsi yang positif peserta didik tentang pentingnya pendidikan lanjutan akan mendorong untuk melanjutkan ke pendidikan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan persepsi peserta didik tentang pendidikan lanjutan di SMA Negeri 3 Mukomuko. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI dan XII SMA Negeri 3 Mukomuko yang berjumlah 245 orang, sampel berjumlah 141 orang, yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah Triyono Perception Kuesioner (TPK). Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa secara rata-rata gambaran persepsi peserta didik tentang pendidikan lanjutan berada pada kategori sangat baik. Implikasi hasil penelitian dapat dijadikan sebagai masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.