PERSEPSI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS TERHADAP PENDIDIKAN LANJUTAN

Authors

  • Triyono Triyono
  • Rahmi Dwi Febriani

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.81

Abstract

Persepsi peserta didik tentang pendidikan lanjutan sangat penting untuk kesuksesan karirnya. Persepsi yang positif peserta didik tentang pentingnya pendidikan lanjutan akan mendorong untuk melanjutkan ke pendidikan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan persepsi peserta didik tentang pendidikan lanjutan di SMA Negeri 3 Mukomuko. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI dan XII SMA Negeri 3 Mukomuko yang berjumlah 245 orang, sampel berjumlah 141 orang, yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah Triyono Perception Kuesioner (TPK). Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa secara rata-rata gambaran persepsi peserta didik tentang pendidikan lanjutan berada pada kategori sangat baik. Implikasi hasil penelitian dapat dijadikan sebagai masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling.

Downloads

Published

2018-03-30

How to Cite

Triyono, T., & Febriani, R. D. (2018). PERSEPSI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS TERHADAP PENDIDIKAN LANJUTAN. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 70–77. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.81

Issue

Section

Articles