PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.82Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan peranan, kendala, dan solusi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Kenep 01 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian meliputi empat informan diantaranya kepala sekolah, guru dan karyawan, siswa serta penjaga sekolah. Alat pengumpulan data menggunakan observasi partisipasipasif, wawancara dan dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data penelitian ini yaitu analisis interaktif yang meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu dalam keabsahaan data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi waktu dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah dasar negeri kenep 01 yaitu, mampu memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan, dapat menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu, mampu menjalin hubungan yang harmonis, tingkat kedewasaan pendidik dan tenaga pendidik, dapat bekerja secara kolaboratif dengan tim manajemen sekolah, produktif, dan akuntabel sesuai dengan ketentuan yang telah di tetapkan.Kendala kepemimpinan diantaranya faktor guru, siswa, dan saran prasarana. Kendala tersebut diatasi melalui pengorganisasian kepala sekolah terhadap guru dan siswa secara tegas dan disiplin sesuai tugas, pokok, dan fungsi masing-masing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.