PENGGUNAAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATIONUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ALGORITMA PERCABANGAN
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i2.91Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Algoritma percabangan pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian Multimedia tahun pelajaran 2017/2018. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang diperoleh berupa nilai tes pada siklus I dan nilai tes pada siklus II. Hasil evaluasi belajar dari siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu rata-rata kelasnya dari 2,63 pada siklus I menjadi 2,97 atau mengalami peningkatan sebesar 0,34 dan ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 48,48 persen pada siklus I menjadi 90,91 persen atau mengalami peningkatan sebesar 42,43 persen. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teoritik dan empirik melalui pembelajaran dengan penggunaan metode pembelajaran kooperatif model TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kompetensi Keahlian Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.