PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN ANIMASI 2D MELALUI MEDIA BERBASIS ANDROID APPY PIE DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i2.98Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu Mendeskripsikan cara meningkatkan minat belajar dan mendeskripsikan hasil minat belajar siswa terhadap pembelajaran animasi 2D kelas XI melalui media pembelajaran berbasis mobile appie pie for android di SMK Negeri 1 Gesi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada Siklus I siswa hanya diberikan Modul, sementara pada Siklus II diberikan media pembelajaran berbasis mobile appie pie for android. Capaian dari penelitian ini diantaranya peningkatan persentase minat belajar siswa, dari 65% pada Pra Siklus, menjadi 76,7% pada akhir Siklus I, dan menjadi 86,7% pada akhir Siklus II. Peningkatan lainnya terjadi pada keaktifan siswa dan guru. Persentase keaktifan siswa mengalami peningkatan dari 72% pada Pra Siklus, menjadi 82% pada Siklus I, dan menjadi 86% pada akhir Siklus II. Sementara aktivitas guru meningkat dari 76% pada Pra Siklus, menjadi 78% pada Siklus I, dan menjadi 85% pada akhir Siklus II. Peningkatan ini tentu dikarenakan adanya perbaikan-perbaikan selama proses pembelajaran oleh guru dan kolaborator selama dua Siklus. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan penggunaan media pembelajaran berbasis mobile appie pie for android secara tepat mampu meningkatkan minat belajar Animasi 2D.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.