LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING SISWA

Authors

  • Chika Andriani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Awik Hidayati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Aldila Fitri Radite Nur Maynawati Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.165

Keywords:

Perilaku Bullying, Media Puzzle, Layanan Informasi

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh  layanan informasi dengan media puzzle untuk mengurangi perilaku bullying pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Nguter Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui skala psikologi untuk mengetahui data tentang tingkat perilaku bullying siswa. Hasil analisis data diperoleh hasil uji t-hit = 30,239, selanjutnya dikonsultasikan dengan t-tab dengan derajat kebebasan = 32 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t-tab 1,694. Jadi hasil perhitungan t-hit lebih besar dari t-tab dengan taraf signifikansi 5% (30,239>1,694) sehingga hipotesis berbunyi Ada Pengaruh Layanan Informasi dengan Media Puzzle Perilaku Bullying pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1Nguter Tahun Pelajaran 2019/2020 diterima kebenarannya.  Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah : Ada Pengaruh Layanan Informasi dengan Media Puzzle Perilaku Bullying pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1Nguter Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Andriani, C., Hidayati, A., & Maynawati, A. F. R. N. (2019). LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING SISWA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 224–230. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.165

Issue

Section

Articles