PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP SELF DISCLOSURE

Authors

  • Endah Nur Fajar Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Awik Hidayati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Aldila Fitri Radite Nur Maynawati Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.166

Keywords:

teknik sosiodrama, self disclosure, bimbingan kelompok

Abstract

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap self disclosure. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen nyata (True Eksperimental Design). Subyek penelitian ditentukan melalui skala psikologi pretest yang telah dikerjakan oleh para siswa. Hasil skala yang telah dihitung kemudian menentukan interval self disclosure rendah, sehingga diperoleh subyek penelitian sebanyak 9 siswa. Subyek eksperimen mendapatkan layanan bimbingan kelompok sebanyak 2 kali pertemuan dan treatment sosiodrama sebanyak 1 kali pertemuan. Setelah treatment sosiodrama dilaksanakan, subyek penelitian mengerjakan skala psikologi sebagai posttest untuk mengetahui peningkatan self disclosure. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 21 dengan rumus Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test sebesar -2.666, dengan nilai signifikansi 0.008 jika dibandingkan dengan tabel Z (n = 9, sig = 0.05, a = 6) maka z hitung < z tabel dan taraf signifikansi 0.008 < 0.05, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum tindakan (pretest) dengan sesudah tindakan (posttest). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap self disclosure.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Fajar, E. N., Hidayati, A., & Maynawati, A. F. R. N. (2019). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP SELF DISCLOSURE. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 231–240. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.166

Issue

Section

Articles