PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENI MUSIK PADA MATERI PENYAJIAN KARYA MUSIK MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DI SMA NEGERI 1 MAUMERE

Authors

  • Maria Yasintha Tima

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.171

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan peningkatan hasil belajar seni music pada materi penyajian karya musik siswa di kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Maumere dengan menggunakan Media Audiovisual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian adalah seorang peneliti dan dibantu oleh pengamat yaitu kolega dan juga didukung oleh alat-alat lain seperti laptop, speaker, musik, video dan audiovisual (VCD). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penelitian kepustakaan, observasi, tindakan dan mengambil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran seni musik di kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Maumere dapat meningkatkan hasil belajar seni musik . Pada siklus pertemuan kognitif yang pertama, skor rata-rata adalah 56,76%, sedangkan pada siklus pertemuan psikoomotor yang pertama, skor rata-rata 59,12% dan pada siklus pertemuan kognitif yang kedua, skor rata-rata 83,82. %, sedangkan pada siklus psikomotor kedua, skor rata-rata pertemuan 83,24%. Jadi, dapat dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar seni music dengan menggunakan media audiovisual dan target yang dicapai telah berhasil.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Tima, M. Y. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENI MUSIK PADA MATERI PENYAJIAN KARYA MUSIK MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL DI SMA NEGERI 1 MAUMERE. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 287–292. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.171

Issue

Section

Articles