PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS IX SMP

Authors

  • Jamiyem Jamiyem SMP Negeri 4 Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.186

Keywords:

hasil belajar IPS, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IX E SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/ 2017. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX E SMP Negeri 4 Sukoharjo  tahun pelajaran 2016/ 2017  sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan, sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk  subjek pelaku tindakan adalah guru IPS kelas IX E selaku guru, teman sejawat selaku subjek yang melakukan observasi proses pembelajaran, Kepala Sekolah selaku subjek sumber data. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar  IPS siswa kelas IX E SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/ 2017. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar  IPS siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 65,78, pada siklus I sebesar 76,71 dan pada siklus II sebesar 86,68. Selain itu, presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan sebesar 65,52%%, pada siklus I sebesar 71,87% dan pada siklus II sebesar 90,62%.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Jamiyem, J. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS IX SMP. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 160–171. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.186

Issue

Section

Articles