HUBUNGANANTARA GAYA BELAJAR MODEL KOLBDAN HASIL BELAJAR SISWASEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Elia Suwi
  • Risya Pramana Situmorang
  • Susanti Pudji Hastuti

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.78

Abstract

Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenganalisishubunganantaragayabelajar model Kolb danhasilbelajarsiswa. Metodepenelitian yang digunakanadalahanalisiskorelasional.Teknikpengambilansampeldarisuatupopulasidilakukandenganteknikpurposive, yaitu 42 siswa.Teknikpengumpulan data adatigayaitutes, observasi, danangket (bedasarkangayabelajar model Kolb) untukmemperoleh data gayabelajardanketigaranahhasilbelajar. Data dianalisisdenganregresi linear bergandauntukmenganalisiskorelasigayabelajardanhasilbelajarsiswadengantingkatsignifikansi 0,05melalui program SPSS 018.Hasiluji statistic diperolehhasilsebagaiberikut:(1) adakorelasisignifikanantaragayabelajardanhasilbelajarsiswadengannilaisignifikansi 0,036 (sig<0,05) (2)terdapathubungan yangpositifdansignifikanantaragayabelajar model Kolb denganranahpsikomotorsiswakategorikuatdanpositifdengannilaikorelasi 0,753. (3) terdapathubunganantaragayabelajar model Kolb denganhasilbelajarsiswaranahafektifmemilkikategorisedangdanpositifdengannilaikorelasi 0,408(sig<0,05) (3) terdapathubunganantargayabelajardenganhasilbelajarranahkognitifmemilikikategorirendahdengannilaikorelasi 0,371.

Downloads

Published

2018-03-30

How to Cite

Suwi, E., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2018). HUBUNGANANTARA GAYA BELAJAR MODEL KOLBDAN HASIL BELAJAR SISWASEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 51–61. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.78

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)