KAJIAN KRITIS TERHADAP STANDARISASI PENDIDIKANDI INDONESIA

Authors

  • Suparmin Suparmin

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i2.95

Abstract

Beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia mengasumsikan bahwa pengembangan standarisasi, jaminan kualitas dan akreditasi harus di pahami sebagai respon negara terhadap situasi semakin kompleks yang disebabkan oleh banyaknya institusi pendidikan tinggi swasta. Akreditasi di gunakan untuk mengendalikan sistem pendidikan tinggi dan untuk menjaga standar kualitas minimal. Berdasarkan alasan-alasan tersebut maka Visi pemerintah Indonesia saat ini adalah untuk meningkatkan daya saing globalnya dan memperoleh posisi terhormat di antara negara-negara lain.Akan tetapi visi tersebut belum tercapai secara maksimal. Berdasarkan hasil Laporan Ekonomi Dunia, kontribusi pendidikan tinggi terhadap daya saing Indonesia hanya mencapai 4,5 (dari 7) dalam aspekpendidikan tinggi dan pelatihanpada 2017-2018(Moeliodihardjo, Soemardi, & Kurnia, 2017).Pendidikan tinggi tidak dapat berkontribusi secara berarti dalam meningkatkan daya saing Indonesia tanpa peningkatan kualitas yang signifikan.

Downloads

Published

2018-06-30

How to Cite

Suparmin, S. (2018). KAJIAN KRITIS TERHADAP STANDARISASI PENDIDIKANDI INDONESIA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 154–161. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i2.95

Issue

Section

Articles