MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI (MYOB ACCOUNTING) DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.107Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Drill and Practice dalam meningkatkan prestasi
belajar peserta didik pada pembelajaran Komputer Akuntansi (Myob Accounting) materi Laporan Keuangan
pada peserta didik kelas XI AK 4 SMK Negeri 1 Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, mitra kolaborator, guru, peserta didik dan tindakan.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis
kualitatif yang meliputi unsur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan metode drill and practice dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada
pembelajaran Komputer Akuntnasi (Myob Accounting) materi Laporan Keuangan pada peserta didik kelas XI
AK 4 SMK Negeri 1 Sragen. Hal ini terlihat dari presentase prestasi belajar peserta didik yang mengalami
peningkatan. Sebelum diberikan tindakan berupa penggunaan metode Drill and Practice prestasi belajar peserta
didik hanya mampu mencapai prosentase sebesar 66,67%. Setelah diberikan tindakan prestasi belajar peserta
didik mengalami peningkatan menjadi 85,66%. Penerapan metode Drill and Practice dapat meningkatkan
prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Komputer Akuntansi (Myob Accounting) pada peserta didik
kelas XI AK 4 SMK Negeri 1 Sragen. Peningkatan prestasi belajar peserta didik terlihat dari peningkatan ratarata
hasil test ketrampilan yang dilakukan secara presentase. Nilai Pree test rata-rata hasil belajar peserta didik
hanya mampu mencapai nilai 69,16 setelah menggunakan metode Drill and Practice rata-rata nilai peserta didik
mengalami peningkatan menjadi 77,81 dengan presentase sebesar 81,25%. pada siklus 1 dan menjadi 85,00
dengan presentase sebesar 96,88% pada suklus II.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.