Pengembangan Media Mobile Learning pada Materi Stokiometri untuk Siswa Kelas X SMK Tamansiswa Sukoharjo

Authors

  • Alfiria Alfiria Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Madyo Ekosusilo Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Singgih Subiyantoro Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Haryanto Haryanto Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i2.152

Keywords:

Mobile learning, Stokiometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media mobile learning yang layak dan tepat digunakan pada pembelajaran KIMIA khususnya Stokiometri kelas X SMK Tamansiswa Sukoharjo.Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development ( R & D ) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Model ini sesuai dengan namanya, terdiri dari lima tahap utama, yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation.Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan bahwa media mobile learning pada materi stokiometri untuk siswa kelas X SMK Tamansiswa Sukoharjo telah selesai dilaksanakan. Pada Tahap ahli, ahli materi memberikan penilaian terhadap produk sebesar 3,0 (kategori baik). Penilaian oleh ahli media sebesar 3,30 (kategori Baik). Media mobile learning pada uji coba perorangan diperoleh skor sebanyak 3,13 (kategori baik), uji coba kelompok kecil sebesar 2,97 (kategori baik) dan hasil pemahaman siswa rata-rata Post Test kelompok kontrol 24,7 dan kelas eksperimen 40,0. Pada uji t dengan tingkat kemaknaan 0,05 yaitu terdapat perbedaan yang signifikan terhadap media mobile learning  yang dikembangkan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah produk mobile learning yang dihasilkan sudah layak dan tepat digunakan untuk meningkatkan menat dan hasil belajar siswa kelas X SMK Tamansiswa Sukoharjo.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Alfiria, A., Ekosusilo, M., Subiyantoro, S., & Haryanto, H. (2019). Pengembangan Media Mobile Learning pada Materi Stokiometri untuk Siswa Kelas X SMK Tamansiswa Sukoharjo. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 118–127. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i2.152

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)