PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CHARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.114Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Index Chard
Match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn bagi siswa kelas
VIID SMP Negeri 1 Mojosongo kabupaten Boyolali. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan
metode kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu mendeskripsikan data dan menginterprestasikan
data. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian
yang dilakukan oleh peneliti secara langsung. Seting yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas
VIID SMP Negeri 1 Mojosongo kabupaten Boyolali, yang merupakan satu di antara enam kelas
VII paralel. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan non tes. Alat
pengumpulan data menggunakan butir-butir soal. Untuk mengetahui keefektifan proses
pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran index chard match ini, peneliti dan
kolaboratur melakukan pengamatan selama proses pembelajaran. Sedangkan validitas data
menggunakan content validity dan triangulasi. Kemudian analisis data menggunakan analisis
deskriptif komparatif dan kualitatif. Indikator kinerja yang diharapkan dalam penelitian ini adalah:
1) meningkatnya motivasi belajar dari kondisi awal 23,07% menjadi 50,00% pada siklus I, dan
75,00% pada siklus II. 2) meningkatnya hasil belajar dari kondisi awal rata-rata kelas 57,41
menjadi 60,00 pada siklus I dan 70,00 pada siklus II. Setelah dilakukan pengumpulan dan analisis
data, dalam penelitian ini diperoleh hasil yang signifikan. Dari hasil penelitian telah menunjukkan
bahwa model pembelajaran index chard match dapat meningkatkan: 1) motivasi belajar siswa dari
kondisi awal yang hanya 23,07% menjadi 61,53% pada siklus I, dan 74,72% pada siklus II. 2) hasil
belajar yaitu dari kondisi awal nilai rata-rata kelas 57,41 menjadi 63,84 pada siklus I dan 74,58
pada siklus II. Meningkatnya rata-rata nilai di dalam kelas, menunjukkan peningkatan terhadap
motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bagi siswa kelas VIID
SMP Negeri 1 Mojosongo kabupaten Boyolali .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.