PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CHARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn

Authors

  • Suwadi Suwadi

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.114

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Index Chard
Match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn bagi siswa kelas
VIID SMP Negeri 1 Mojosongo kabupaten Boyolali. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan
metode kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu mendeskripsikan data dan menginterprestasikan
data. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian
yang dilakukan oleh peneliti secara langsung. Seting yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas
VIID SMP Negeri 1 Mojosongo kabupaten Boyolali, yang merupakan satu di antara enam kelas
VII paralel. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan non tes. Alat
pengumpulan data menggunakan butir-butir soal. Untuk mengetahui keefektifan proses
pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran index chard match ini, peneliti dan
kolaboratur melakukan pengamatan selama proses pembelajaran. Sedangkan validitas data
menggunakan content validity dan triangulasi. Kemudian analisis data menggunakan analisis
deskriptif komparatif dan kualitatif. Indikator kinerja yang diharapkan dalam penelitian ini adalah:
1) meningkatnya motivasi belajar dari kondisi awal 23,07% menjadi 50,00% pada siklus I, dan
75,00% pada siklus II. 2) meningkatnya hasil belajar dari kondisi awal rata-rata kelas 57,41
menjadi 60,00 pada siklus I dan 70,00 pada siklus II. Setelah dilakukan pengumpulan dan analisis
data, dalam penelitian ini diperoleh hasil yang signifikan. Dari hasil penelitian telah menunjukkan
bahwa model pembelajaran index chard match dapat meningkatkan: 1) motivasi belajar siswa dari
kondisi awal yang hanya 23,07% menjadi 61,53% pada siklus I, dan 74,72% pada siklus II. 2) hasil
belajar yaitu dari kondisi awal nilai rata-rata kelas 57,41 menjadi 63,84 pada siklus I dan 74,58
pada siklus II. Meningkatnya rata-rata nilai di dalam kelas, menunjukkan peningkatan terhadap
motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bagi siswa kelas VIID
SMP Negeri 1 Mojosongo kabupaten Boyolali .

Downloads

Published

2019-03-30

How to Cite

Suwadi, S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CHARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 64–77. https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.114

Issue

Section

Articles