PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI METODE STRUKTURAL TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i3.160Keywords:
make a match, keterampilan menulis aksara JawaAbstract
Dalam proses pembelajaran, tentunya ada berbagai masalah yang harus diatasi, antara lain mengenai proses dan hasil pembelajaran yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis aksara Jawa pada kelas VIII F SMP Negeri 1 Banyudono. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juli sampai September 2017, mulai dari persiapan sampai penyusunan laporan. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII F SMP Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, pemberian tes dan pengamatan. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian ini menggunakan model make a match dalam setiap pertemuan. Sedangkan indikator capaian penelitian ini adalah apabila sudah mencapai target yang sudah ditetapkan, dan jumlah siklus ditentukan dari ketercapaian target. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa model make a match dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pada pembelajaran keterampilan menulis aksara Jawa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.