PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI BAHASA INDONESIA

Authors

  • Maguna Eliastuti

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.115

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan penguasaan kosakata
secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia. Rancangan penelitian
yang digunakan melalui teknik korelasi dengan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas,
yaitu motivasi belajar dan penguasaan kosakata serta satu variabel terikat, yaitu kemampuan
menulis narasi bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara motivasi belajar dan penguasaan kosa kata terhadap kemampuan menulis narasi
Bahasa Indonesia, dengan koefisien korelasi sebesar 0,524 dan koefisien determinasi 0,275 atau
27,5%. Motivasi belajar dan penguasaan kosakata secara bersama-sama mempengaruhi
kemampuan menulis narasi Bahasa Indonesia. Persamaan regresi yang dihasilkan ̌
dapat diartikan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin baik
kemampuan menulis narasinya dan semakin tinggi penguasaan kosakata semakin bagus
kemampuan menulis narasinya.

Downloads

Published

2019-03-30

How to Cite

Eliastuti, M. (2019). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI BAHASA INDONESIA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 78–91. https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.115

Issue

Section

Articles