PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.115Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan penguasaan kosakata
secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia. Rancangan penelitian
yang digunakan melalui teknik korelasi dengan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas,
yaitu motivasi belajar dan penguasaan kosakata serta satu variabel terikat, yaitu kemampuan
menulis narasi bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara motivasi belajar dan penguasaan kosa kata terhadap kemampuan menulis narasi
Bahasa Indonesia, dengan koefisien korelasi sebesar 0,524 dan koefisien determinasi 0,275 atau
27,5%. Motivasi belajar dan penguasaan kosakata secara bersama-sama mempengaruhi
kemampuan menulis narasi Bahasa Indonesia. Persamaan regresi yang dihasilkan ̌
dapat diartikan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin baik
kemampuan menulis narasinya dan semakin tinggi penguasaan kosakata semakin bagus
kemampuan menulis narasinya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.