STUDI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DI SMK BINATAMA SLEMAN

Authors

  • Soepri Tjahjono Moedji Widodo

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.116

Abstract

Pendidikan sebagai proses mengubah tingkah-laku anak didik agar menjadi manusia dewasa yang
mampu hidup mandiri dan sebagai anggota masyarakat dalam lingkungan alam sekitar di mana
individu itu bearada. Pendidikan tidak hanya mencakup pengembangan intelektualitas saja, akan
tetapi lebih ditekankan pada proses pembinaan kepribadian anak didik secara menyeluruh sehingga
anak menjadi lebih dewasa dalam konteks hidupnya sebagai pribadi maupun hidup dalam
masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas model pembelajaran value
clarification technique dalam pendidikan kesehatan reproduksi di SMK Binatama Sleman. Jenis
penelitian dalam penelitian ini yaitu eksperimen (experimental research). Metode yang digunakan
adalah quasy eksperiment design menggunakan rancangan penelitian post-test only control group
design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Analisis pada
penelitian ini menggunakan independent sampel t-test. Berdasarkan analisis independent sampel ttest
menunjukkan nilai sig 0,037 < α (0,05) dan t hitung 2,119 > t-tabel (1,658). Nilai rata-rata dari
Model Pembelajaran value clarification technique yaitu 73,22, dan nilai rata-rata dari ceramah
yaitu 69,65. Serta mean difference sebesar 3,57. Model pembelajaran value clarification technique
efektif dalam pendidikan kesehatan reproduksi di SMK Binatama Sleman.

Downloads

Published

2019-03-30

How to Cite

Widodo, S. T. M. (2019). STUDI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DI SMK BINATAMA SLEMAN. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 92–97. https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.116

Issue

Section

Articles