STUDI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DI SMK BINATAMA SLEMAN
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.116Abstract
Pendidikan sebagai proses mengubah tingkah-laku anak didik agar menjadi manusia dewasa yang
mampu hidup mandiri dan sebagai anggota masyarakat dalam lingkungan alam sekitar di mana
individu itu bearada. Pendidikan tidak hanya mencakup pengembangan intelektualitas saja, akan
tetapi lebih ditekankan pada proses pembinaan kepribadian anak didik secara menyeluruh sehingga
anak menjadi lebih dewasa dalam konteks hidupnya sebagai pribadi maupun hidup dalam
masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas model pembelajaran value
clarification technique dalam pendidikan kesehatan reproduksi di SMK Binatama Sleman. Jenis
penelitian dalam penelitian ini yaitu eksperimen (experimental research). Metode yang digunakan
adalah quasy eksperiment design menggunakan rancangan penelitian post-test only control group
design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Analisis pada
penelitian ini menggunakan independent sampel t-test. Berdasarkan analisis independent sampel ttest
menunjukkan nilai sig 0,037 < α (0,05) dan t hitung 2,119 > t-tabel (1,658). Nilai rata-rata dari
Model Pembelajaran value clarification technique yaitu 73,22, dan nilai rata-rata dari ceramah
yaitu 69,65. Serta mean difference sebesar 3,57. Model pembelajaran value clarification technique
efektif dalam pendidikan kesehatan reproduksi di SMK Binatama Sleman.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.