MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI

Authors

  • Cesara Deasefa Respati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Bambang Susanto Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Muhammad Arief Maulana Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.164

Keywords:

Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Minat Baca

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan minat baca di perpustakaan pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan metode analisis data menggunakan stastistik deskriptif, karena membandingkan minat baca siswa di perpustakaan antara kondisi awal dengan kondisi siklus I, dengan siklus II, membandingkan minat baca siswa di perpustakaan antara siklus II dengan siklus III. Dari hasil pra siklus diketahui bahwa minat baca siswa di perpustakaan masuk dalam kriteria sangat rendah dengan rata-rata presentase 20,3%. Setelah diadakan siklus 1 berlanjut ke siklus 2 terdapat kenaikan 37,9% menjadi 55,6%. Dan tindakan pada siklus 3 meningkat menjadi 76,3%, hasil tindakan pada siklus 3 menunjukkan bahwa seluruh siswa yang menjadi subjek penelitian mengalami peningkatan minat baca dari tahap ke tahap. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatakan minat baca di perpustakaan pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Respati, C. D., Susanto, B., & Maulana, M. A. (2019). MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 214–223. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.164

Issue

Section

Articles