HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU BIOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWASMA KOTA SALATIGA

Authors

  • Aldo Antonius Jouwe
  • Risya Pramana Situmorang
  • Santoso Sastrodihardjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i2.117

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara kreativitas guru dan hasil belajar kognitif, mengetahui seberapa besar hubungan antara kreativitas guru dengan hasil belajar kognitif siswa kelas XII IPA dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas guru.Teknik Purposive digunakan dalam teknik sampling ini.Data diperoleh dari 37 siswa kelas XII SMA Negeri 2, SMA Kristen 2, dan SMA Theresiana.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis korelasi menggunakan SPSS versi 0.18. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kreativitas guru dan hasil belajar kognitif (pSig = 0,030; p <0,05). Artinya semakin tinggi hasil kreativitas guru semakin tinggi hasil belajar siswa.Nilai Pearson Correlation adalah 0,512 yang memiliki kategori cukup kuat.Faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas guru adalah 1) kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah masih minim dan mempengaruhi guru 2) kurangnya pelatihan yang diperoleh guru dan model pembelajaran inovatif berdampak pada pengetahuan guru dalam merancang pembelajaran yang bersifat konstruktif.

Downloads

Published

2018-06-30

How to Cite

Jouwe, A. A., Situmorang, R. P., & Sastrodihardjo, S. (2018). HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU BIOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWASMA KOTA SALATIGA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 213–222. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i2.117

Issue

Section

Articles