Pembelajaran Rangkaian Kontrol Elektromagnetik melalui Devide Et Impera

Authors

  • Sutarno Sutarno

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i1.142

Keywords:

Devide et Impera, Hasil belajar, Rangkaian Kontrol Elektromagnetik

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum untuk meningkatkan hasil belajar Rangkaian kontrol elektromagnetik, sedangkan tujuan khususnya untuk meningkatkan hasil belajar Rangkaian kontrol elektromagnetik melalui Devide et Impera. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua tindakan. Tindakan pertama menerapkan metode Devide et Impera melalui saling mengawasi bergantian antar teman sejawat. Tindakan ke-2 menerapkan metode Devide et Impera melalui saling mengawasi silang antar teman sejawat. Capaian penelitian ini menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa setiap tindakannya. Prestasi kondisi awal 75,13 meningkat menjadi 75,69 pada tindakan ke-2 dan meningkat kembali menjadi 76,27. Nilai capaian terendah siswa pada kondisi awal 73,50 meningkat menjadi 74,50 pada tindakan I dan meningkat menjadi 75,25 pada tindakan ke-2. Nilai tertinggi kondisi awal 76,25 meningkat menjadi 77,00 pada tindakan I dan meningkat menjadi 77,75 pada tindakan ke-2. Berdasarkan ahsil Penelitian Tindakan Kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Devide et Impera  mampu meningkatkan prestasi belajar Rangkaian Kontrol Elektromagnetik.

Downloads

Published

2019-03-30

How to Cite

Sutarno, S. (2019). Pembelajaran Rangkaian Kontrol Elektromagnetik melalui Devide Et Impera. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 25–31. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i1.142

Issue

Section

Articles