Pembelajaran Rangkaian Kontrol Elektromagnetik melalui Devide Et Impera
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i1.142Keywords:
Devide et Impera, Hasil belajar, Rangkaian Kontrol ElektromagnetikAbstract
Tujuan penelitian ini secara umum untuk meningkatkan hasil belajar Rangkaian kontrol elektromagnetik, sedangkan tujuan khususnya untuk meningkatkan hasil belajar Rangkaian kontrol elektromagnetik melalui Devide et Impera. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua tindakan. Tindakan pertama menerapkan metode Devide et Impera melalui saling mengawasi bergantian antar teman sejawat. Tindakan ke-2 menerapkan metode Devide et Impera melalui saling mengawasi silang antar teman sejawat. Capaian penelitian ini menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa setiap tindakannya. Prestasi kondisi awal 75,13 meningkat menjadi 75,69 pada tindakan ke-2 dan meningkat kembali menjadi 76,27. Nilai capaian terendah siswa pada kondisi awal 73,50 meningkat menjadi 74,50 pada tindakan I dan meningkat menjadi 75,25 pada tindakan ke-2. Nilai tertinggi kondisi awal 76,25 meningkat menjadi 77,00 pada tindakan I dan meningkat menjadi 77,75 pada tindakan ke-2. Berdasarkan ahsil Penelitian Tindakan Kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Devide et Impera mampu meningkatkan prestasi belajar Rangkaian Kontrol Elektromagnetik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.