Meningkatan Hasil Belajar Biologi melalui Model Mastery Learning Pada Siswa Kelas XII SMAN 8 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i1.144Abstract
Pembelajaran adalah suatu proses interaksi yang terjadi antara peserta didik, pendidik, serta sumber atau media belajar yang digunakan dalam mencapai suatu kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar yang dilakukan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar Biologi setelah diterapkannya model pembelajaran Mastery Learning pada peserta didik kelas XII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi setelah diterapkan model pembelajaran Mastery Learning pada peserta didik kelas XII IPA 1 SMA Negeri 8 Palembang. Metode Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Mastery Learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (44,74%), siklus I (71,05%) dan (97,37%) pada siklus II.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.