Implikasi Distance Learning berbasis Whatsapp Materi Pembelajaran Simulasi Digital untuk Kelas X SMK

Authors

  • Hamda Kharisma Putra Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Bayu Seto Pamungkas Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Danu Setyo Pamungkas Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i4.197

Keywords:

pembelajaran jarak jauh, whatsapp, simulasi digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan whatsapp sebagai media dalam pelaksanaan distance learning dalam materi simulasi digital di SMK Veteran 1 Sukoharjo, selain itu penelitian ini diharapkan mampu memberikan solusi atau masukan guna mengoptimalkan penggunaan whatsapp dan fitur-fitur didalamnya guna menciptakan sekolah jarak jauh yang bermakna bagi peserta didik ditengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa distance learning berbasis whatsapp ini cukup efektif diterapkan. Pengoptimalan penggunaan fitur-fitur whatsapp antara lain fitur voice note dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran dibandingkan hanya mengirim teks pesan, voice note dapat digunakan sebagai media diskusi dan bertukar pendapat dengan lebih efektif dibandingkan harus mengetik terlebih dahulu. Dengan voice note siswa lebih santai dalam menyampaikan pendapat atau jawabannya, seolah seperti dalam kegiatan belajar tatap muka.

Downloads

Published

2021-01-07

How to Cite

Putra, H. K., Pamungkas, B. S., & Pamungkas, D. S. (2021). Implikasi Distance Learning berbasis Whatsapp Materi Pembelajaran Simulasi Digital untuk Kelas X SMK. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(4), 2`17–230. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i4.197

Issue

Section

Articles