Penguatan Pendidikan Karakter melalui Ekstrakulikuler Hizbul Wathan dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i1.145Keywords:
Pendidikan Karakter, Ekstrakulikuker KeHIZBUL WATHANan, Ketahanan PribadiAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui penguatan pendidikan karakter melalui ekstrakulikuler Hizbul Wathan dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, penyajian dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber. Analisis data secara kualitatif melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai: (1) Kegiatan ekstrakulikuler Hizbul Wathan berperan dalam penguatan pendidikan karakter pada siswa. Penguatan Pendidikan Karakter tersebut dilakukan dalam kegiatan kehizbulwathanan yang bertujuan untuk penanaman sikap disiplin, jujur, tanggung jawab, keberanian untuk tampil dan tangkas, serta penanaman konsep kekeluargaan dan juga penanaman sikap yang Islami. (2) Penguatan pendidikan karakter melalui ekstrakulikuler hizbul wathan berimplikasi dalam mewujudkan ketahanan pribadi siswa. Hal tersebut dapat terlihat karena siswa telah meraih ciri individu yang memiliki ketahanan pribadi yaitu memiliki rasa percaya diri dan berpegang pada prinsip, bebas dari rasa ketergantungan, tetapi mendambakan kebersamaan, memiliki jiwa dinamis, kreatif dan pantang menyerah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.