MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KIMIA DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Authors

  • Muryati Muryati Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i3.158

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini Bettujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru untuk mata pelajaran kimia menyusun RPPmenggunakan  model pembelajaran Project Based Learning, dan untuk mengungkap pengaruh pembelajaran dengan model Project Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa setelah guru menerapkan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitif, yang dilakukan terhadap 25 guru kimia di MGMP Kimia SMA. Hasil penelitian pada siklus I, diperoleh rata-rata capaian guru kimia pada fase Probject based learning pada kriteria Sangat baik dan baik sebesar 46,67%. Dan, pada akhir siklus II , diperoleh rata-rata capaian guru kimia pada fase Probject based learning pada kriteria Sangat baik dan baik sebesar 79,33%. Terjadi kenaikan yang sangat signifikan sebesar 32,67%. Untuk itu, penelitian tindakan sekolah ini dinyatakan ‘berhasil’ dan dihentikan pada siklus II, bagi fase yang belum mencapai kriteria akan diberikan bimbingan secara individual atau supervisi klinis.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Muryati, M. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KIMIA DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 174–183. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i3.158

Issue

Section

Articles