Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Univet Bantara Sukoharjo Angkatan Tahun 2015/2016

Authors

  • Muhammad Arief Maulana Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Awik Hidayati Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i1.131

Abstract

Kemampuan berkomunikasi yang baik sangat diperlukan oleh setiap individu dalam berbagai
perkembangan. Setiap manusia dalam keseharian dipastikan melakukan komunikasi baik secara verbal
maupun non verbal. Hal yang terpenting dalam sebuah komunikasi adalah pesan yang disampaikan dapat
dimengerti dan dipahami oleh lawan bicara termasuk komunikasi interpersonal. Komunikais
interpersonal lebih mengedepankan adanya respon atau timbal balik yang positif dalam sebuah
komunikasi yang dilakukan secara langsung atau tatap muka. Banyak faktor yang mempengaruhi sebuah
komunikasi agar berjalan dengan baik, diantaranya keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif dan
kesamaan. Permasalahannya adalah mahasiswa belum mampu menumbuhkan komunikasi interpersonal
yang baik antar sesame maupun dengan dosen. Metodologi penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan jenis penelitian eskperimen pre test dan post test group. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif layanan Bimbingan Kelompok teknik diskusi
dalam meningkatkan komunikasi mahasiswa Bimbingan Konseling semester 2. Hasil yang
didapatkan adalah komunikasi interpersonal perlu ditingkatkan karena akan berdampak kepada
kemampuan sosial mahasiswa, sehingga dosen perlu memberikan perlakuan bagi mahasiswa
yang kesulitan dalam berkomunikasi interpersonal yang baik

Downloads

Published

2016-09-30

How to Cite

Maulana, M. A., & Hidayati, A. (2016). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Univet Bantara Sukoharjo Angkatan Tahun 2015/2016. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 67–72. https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i1.131

Issue

Section

Articles