MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.167Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris materi Asking and Giving Opinion siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukoharjosemester I tahun pelajaran 2016/ 2017 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75,0 mencapai ≥ 90%.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris materi Asking and Giving Opinion siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukoharjo. Sebelum tindakan/prasiklus,hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 18 siswa atau 56,25%, pada siklus I, 25 siawa atau 78,125% dan pada siklus II, 32 siswa atau 100%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 70,5 setelah tindakan siklus I sebesar 75,13 dan setelah tindakan siklus II sebesar 81,6.Downloads
Published
2019-12-31
How to Cite
Astuti, R. P. (2019). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 241–252. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.167
Issue
Section
Articles
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.