MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

Authors

  • Rintang Puji Astuti SMP Negeri 2 Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.167

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris materi Asking and Giving Opinion siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match  pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukoharjosemester I tahun pelajaran 2016/ 2017 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75,0 mencapai ≥ 90%.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris materi Asking and Giving Opinion siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukoharjo. Sebelum tindakan/prasiklus,hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 18 siswa atau 56,25%, pada siklus I, 25 siawa atau 78,125% dan pada siklus II, 32 siswa atau 100%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 70,5 setelah tindakan siklus I sebesar 75,13 dan setelah tindakan siklus II sebesar 81,6.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Astuti, R. P. (2019). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 241–252. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.167

Issue

Section

Articles