PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.170Keywords:
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, prestasi belajar matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi himpunan pada siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Bendosari tahun pelajaran 2016/ 2017. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Bendosaritahun pelajaran 2016/ 2017 sebanyak 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi Himpunan siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Bendosaritahun pelajaran 2016/ 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi balajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 69,72, pada siklus I sebesar 74,25 dan pada siklus II sebesar 80,13. Selain itu, presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan sebesar 62,5%, pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II sebesar 93,75%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.