PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE

Authors

  • Surono Surono SMP Negeri 1 Bendosari

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.170

Keywords:

pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, prestasi belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi himpunan pada siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Bendosari tahun pelajaran 2016/ 2017. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Bendosaritahun pelajaran 2016/ 2017  sebanyak 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi Himpunan siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Bendosaritahun pelajaran 2016/ 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi balajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata prestasi belajar matematika  siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 69,72, pada siklus I sebesar 74,25 dan pada siklus II sebesar 80,13. Selain itu, presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan sebesar 62,5%, pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II sebesar 93,75%.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Surono, S. (2019). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 278–286. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.170

Issue

Section

Articles