PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI TARI

Authors

  • Ratna Diah Yuwani SMP Negeri 3 Nguter

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.187

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Seni tari melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Nguter semester 1 tahun pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VII A SMP Negeri2 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2016/ 2017 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70,0 mencapai ≥ 85%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan prestasi belajar Seni tari siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Nguter. Sebelum tindakan/ prasiklus, prestasi belajar siswa yang mencapai KKM 14 siswa atau 63,6%, pada siklus I, 17 siswa atau 77,3% dan pada siklus II, 21 siswa atau 95,5%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 69,5 setelah tindakan siklus I sebesar 72,95 dan setelah tindakan siklus II sebesar 82,95.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Yuwani, R. D. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI TARI. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 172–182. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.187

Issue

Section

Articles