Pengaruh Gamifikasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Broadcasting: Studi Penggunaan Quizizz di Sekolah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i2.365Keywords:
Media pembelajaran quizizz, hasil belajar siswa, kelas X broadcastingAbstract
Pembelajaran interaktif yang menggunakan teknologi, seperti game-based learning, semakin diminati untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman materi. Quizizz, sebagai salah satu media pembelajaran berbasis game, dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan Quizizz terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Broadcasting. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas X Broadcasting di salah satu sekolah kejuruan swasta di wilayah Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang membagi sampel sebanyak 30 siswa menjadi dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan Quizizz dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dianalisis menggunakan uji independent t-test dengan aplikasi SPSS Versi 25. Hasil uji independent t-test menunjukkan nilai t-hitung sebesar 5,189 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang menggunakan Quizizz dan kelompok yang menggunakan metode konvensional. Penggunaan Quizizz terbukti memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Broadcasting. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan dengan menegaskan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis game seperti Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam konteks pembelajaran kejuruan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Kartini, Ismail, Hamda Kharisma Putra, Syifa Fauziyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.