Podcast sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i2.212Keywords:
aplikasi podcastAbstract
Podcast adalah salah satu media komunikasi yang bisa kita manfaatkan bukan saja untuk berkomunikasi dengan orang lain tapi juga saling berbagi informasi yang menarik dan penting. Meskipun kerap kali disebut mirip dengan radio, namun bisa dibilang podcast lebih praktis daripada radio. karena podcast lahir pada generasi digital yang serba cepat dan mudah untuk diakses. Media Podcast sebagai altertnatif pembelajaran jarak jauh bisa menjadi pendukung materi belajar yang akan kita sampaikan pada masa pandemi seperti sat ini sehingga penyampaian materi lebih kratif unik serta menarik terlebih fleksibilitas pendengar kapan mood unttuk mendengarkan materi ini. Podcast ini disebut efektif karena podcast dapat digunakan sebagai media belajar dan pembelajaran yang variatif, perangkat pemutarnya sederhana dan mudah ditemukan dan dapat didengarkan di mana saja kapan saja bahkan bagi yang terbiasa multitasking, Podcast ini disebut efisien karena praktis dan ramah bandwidth. Praktis artinya dapat dibawa kemanapun dan hanya membutuhkan ruang penyimpanan yang sedikit dikarenakan ukuran file-nya yang kecil. Melalui podcast, kuota data internet tidak banyak tersedot, sehingga akan meringankan orang tua siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.