Penggunaan Video Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Online Berbasis Lesson Study
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i1.230Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dengan menggunakan video pembelajaran matematika pada pembelajaran online berbasis lesson study. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis lesson study. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun pelajaran 2020/2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan hasil kegiatan plan, do, dan see dalam melaksanakan pembelajaran berbasis lesson study dan data prestasi belajar matematika siswa yang diperoleh dari nilai postest matematika di setiap siklus PTK. PTK berbasis lesson study ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya dilalui empat tahapan, yaitu perencanaan (sekaligus plan pada lesson study), pelaksanaan serta pengamatan (sekaligus kegiatan do pada lesson study), dan refleksi (sekaligus kegiatan see pada lesson study). Dari hasil yang diperoleh terlihat adanya kenaikan rerata nilai yang diperoleh dari prasiklus, yaitu 54,17 naik menjadi 62,50 pada siklus 1 dan naik lagi menjadi 65,83 pada siklus 2. Hal ini juga diikuti kenaikan persentase siswa yang tuntas, dari 33,33% pada prasiklus, menjadi bertambah di siklus 1 yaitu 66,67% dan mengalami kenaikan kembali pada siklus 2 menjadi 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran matematika pada pembelajaran online berbasis lesson study dapat meningkatkan prestasi belajar matematika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.