Desain Pengembangan Inovasi Pendidikan dalam Peningkatan Daya Saing Sekolah melalui Lima Prinsip Teknologi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.261Keywords:
Desain Pengembangan Inovasi Pendidikan, Peningkatan Daya Saing Sekolah, Lima Prinsip Teknologi PendidikanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji secara studi literatur desain pengembangan inovasi pendidikan dalam meningkatkan daya saing sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif diskriptif dengan pendekatan studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui metode survei, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat adalah hasil kajian dan analisis desain pengembangan inovasi pendidikan berdasarkan lima prinsip dan langkah teknologi pendidikan dalam konsep pendidikan yang diambil dari berbagai sudut pandang hasil penelitian para peneliti sebelumnya terkait desain pengembangan inovasi pendidikan berdasarkan lima prinsip dan langkah teknologi pendidikan. Kesimpulannya melalui desain lima prinsip dan langkah teknologi pendidikan dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan inovasi pendidikan dalam peningkatkan daya saing sekolah.
References
Fakhrurrazi. (2021). Konsep Berpikir Sistemik Dalam Penyusunan Rencana Strategis. Islamic, Jurnal Manajemen, Education, 6(1), 13–24.
Keluarga, P., & Dan, S. (n.d.). Peranan keluarga, sekolah dan masyarakat dalam menunjang pembelajaran yang efektif.
L, L. A. Y. L., Mahsunah, N., & Pendahuluan, A. (2017). Konsepsi Teknologi Pendidikan, 2013, 1–21.
Mirfani, A. M., Sekolah, M. B., Kapasitas, P., & Perubahan, K. (2016). Manajemen perubahan pada satuan pendidikan dasar, (1), 62–80.
Nisrokha. (2020). DIFUSI INOVASI DALAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN Nisrokha. Jurnal Madaniyah, 10, 173–184.
Nurfajriah, S. (2021). PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR, 137–144.
Pemerintah, P. (2021). 60 ayat (4), (102501).
Susanti, R. (2013). Teknologi Pendidikan Dan Peranannya Dalam Transformasi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 15–23. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v2i2.448
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 ANIK TWIN TWININGSIH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.