Efektivitas Penggunaan Media "Cetar Membahana" dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i1.274Keywords:
media cetar membahana, hasil belajar, operasi hitungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media “Cetar Membahana” pada materi operasi hitung bilangan bulat di kelas V SDN Sonorejo 1 Padangan Bojonegoro, dan (2) mendeskripsikan efektifitas penggunaan media “Cetar Membahana” pada materi operasi hitung bilangan bulat di kelas V SDN Sonorejo 1 Padangan Bojonegoro. Populasi penelitian adalah seluruh seluruh siswa kelas V SDN Sonorejo 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan pembelajaran menggunakan media “Cetar Membahana” dalam pembelajaran materi operasi hitung bilangan bulat telah terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep dan berdampak positif pada meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar sebelum penggunaan media “Cetar Membahana” rata-rata kelas adalah 63. Pada uji coba 1 menggunakan media “Cetar Membahana” terjadi peningkatan sebesar 8 poin menjadi 71. Demikian juga pada uji coba 2 terjadi peningkatan menjadi 83. Jadi, penggunaan media “Cetar Membahana” telah berhasil membantu siswa menemukan dan memahami konsep operasi hitung bilangan bulat, dan (2) kegiatan pembelajaran menggunakan media “Cetar Membahana” mampu meningkatkan keaktifan siswa selama pembelajaran. Kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa. Selain itu pada permainan yang dilakukan siswa memberikan tantangan yang bisa merangsang siswa untuk berpikir kritis menentukan strategi yang dipilih sesuai tantangan yang ada pada lembar kerja siswa.
References
Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Boggan, M., Harper, S. & Whitmire, A. 2010. Using Manipulatives to Teach Elementary Mathematics. Journal of Instructional Pedagogies, (Online), 3 (1): 1-6, (https://eric.ed.gov), diakses 19 Juni 2018.
Carbonneau, K. J., Marley, S. C. & Selig, J. P. 2013. A Meta-Analysis of The Efficacy of Teaching Mathematics with Concrete Manipulatives. Journal of Educational Psychology, (Online), 105 (2): 380-400, (https://eric.ed.gov), diakses 19 Juni 2018.
Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kelly, C. 2006. Using Manipulatives in Mathematical Problem Solving: A Performance-Based Analysis. The Montana Mathematics Enthusiast. (Online), Volume 3 No. 2, 184-193. (http://www.math.umt.edu), diakses 21 Juni 2018.
Musser, G.L. et.al (2011) Mathematic for elementary Teachers A Contemporary Approach (Ninth edition). Florida: Jhon Wiley & Sons, Inc.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: Reston.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Pranada.
Slavin, Robert. E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi 9 jilid 1. Jakarta: Indeks.
Susanti, I., S. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Media Rel Kereta Bilangan Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD. (Online), Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013 (http://ejournal.unesa.ac.id, diakses 1 Juli 2018).
Suyanto & Jihad, A. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi.
Thiagarajan, S., Semmel, S.D. & Semmel, M. I. (1974). Instructional Developmentfor Training Teachers of Expectional Children: a Sourcebook. Bloomington: Indiana University.
Vitiarti. 2014. Pembelajaran Kontekstual Matematika Bermedia Manik-Manik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sains, (Online), 2 (4): 250-259, (http://journal.um.ac.id/index.php/jps/), diakses 9 Juni 2018.
Wahyuni, S. 2014. Metode Bermain Berbantuan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sains, (Online), 2 (2): 105-113, (http://journal.um.ac.id/index.php/jps/), diakses tanggal 19 Juni 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NINIK WIJININGSIH NINIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.