Papercraft untuk Meningkatkan Pemahaman Descriptive Text pada Peserta Didik Kelas X SMALB/B
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.269Keywords:
Tunarungu, SMALB, descriptive text, dan papercraftAbstract
Rumusan Masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemahaman descriptive text dengan papercraft. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri 2 kali pertemuan. Subyek penelitian pemahaman descriptive text peserta didik kelas X SMALB/B Hamong Putro Jombor Sukoharjo semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Terjadi peningkatan pengetahuan rata-rata nilai dari 73,86 pada siklus 1 menjadi 88,54 pada siklus 2, dan peningkatan keterampilan rata-rata nilai dari 77,77 pada siklus 1 menjadi 86,1 pada siklus 2.
References
Al Hasby,Sabiq.2016.Analisis dan Perancangan Media Interaktif Berbasis Flash untuk Memodifikasi Desain Produk Papercraft pada Voala Huit Gift.Naskah Publikasi.Yogyakarta:Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta.
Arikunto,S. Suhardjono, Supardi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Grafindo.
Efendi,Muhammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.
Finoza,Lamuddin.2005.Komposisi Bahasa untuk Mahapeserta didik Jurusan Nonbahasa. Jakarta:Diksi Insan Mulia.
Gerot,Linda dan Peter Wignell.1995.Making Sense of Functional Grammar.Australia:Gerd Stabler Antipodean Educational Enterprise.
Hallahan.D & Kauffman, M.J.(1991).Exceptional Children,Introduction to special Education (Fifth Edition). New Jersey : Prentice Hall International Inc.
Nurudin.2010.Dasar-Dasar Penulisan.Malang:UMM Press.
Subyantoro. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: UNNES
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Endah Dwi Hastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.