Profil Critical Thinking Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X untuk Menunjang Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Anggita Wulan Purnama Mahasiswa
  • Rahmi Nauroh
  • Faatihah Nasywaa Hanifah
  • Ridha Puteri Athaya
  • Reti Purwasi

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i2.287

Keywords:

Kurikulum, Berpikir kritis, Pendidikan, Profil Pancasila

Abstract

Teknologi digital kini sudah mulai digunakan di dalam lembaga pendidikan sebagai sarana untuk mendukung pembelajaran, baik sebagai alat informasi (yaitu sebagai sarana mengakses informasi) atau sebagai alat pembelajaran (yaitu sebagai sarana penunjang kegiatan belajar serta tugas). Oleh karena itu, sudah selayaknya pendidikan sendiri juga memanfaatkan teknologi untuk membantu pelaksanaan pembelajaran. Seiring perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap kurikulum yang ada. Berhasil dan tidaknya sebuah pendidikan sangat bergantung dengan kurikulum yang digunakan. Kurikulum adalah ujung tombak bagi terlaksananya kegiatan pendidikan. Tanpa adanya kurikulum mustahil pendidikan akan dapat berjalan dengan baik, efektif, dan efisien sesuai yang diharapkan. Karena itu kurikulum sangat perlu untuk diperhatikan di masing-masing satuan pendidikan Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif dengan menjelaskan secara sistematis mengeni fakta, bahasan, seta penyimpulan yang sudah dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan angket dan obeservasi di kelas saat pembelajaran biologi. Salah satu hasil dari penelitian ini adalah Dari 27 siswa kelas X di SMAN 3 Rangkasbitung didapati hasil 1 siswa yang memiliki kemampuan menyampaikan pertanyaan dengan jelas sesuai inti pertanyaan pada mata pelajaran Biologi . Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 3 Rangkas Bitung pada kelas X paling tinggi terdapat pada indikator menganalisis argumen dan kemapuan berpikir kritis paling rendah terdapat pada indikator kemampuan menjawab pertanyaan dan membuat kesimpulan.

References

Febrianti. E., et al. (2018). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE-GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA N 8 KOTA BENGKULU. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi.Vol: 2(1). Hal: 10-14.

Khasanah,B,A., dan I,D,Ayu. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Eksponen. Vol:7(2). Hal:47-52

Manik, H. (2021). Tantangan Menjadi Guru Matematika Dengan Kurikulum Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Jurnal Pendidikan. Vol:6 (1). Hal:328-332.

Makaborang. Y. (2019). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol: 6 (2). Hal: 130-145.

Mulyani. A. (2022). Pengembangan Critical Thinking Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol: 1(1). Hal: 100-105.

Nugroho,P,N. (2017). Scaffolding Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksponen. Vol :7 (2). Hal:1-9

Puspita,L.,R,A,P.,Komarudin. (2020). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis : Pengaruh Model Pembelajaran SiMaYang Berbantuan Concept Map Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan. Jurnal Bioeduscience.Vol :4(1). Hal:82-89

Wayudi,M.,Suwatno.,B,Santoso. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol :5(1). Hal:67-82

Rachmawati,N.,A,M.,M,N.,I,Nurasiah. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol :6 (3). Hal: 3613-3625

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Anggita Wulan Purnama, Nauroh, R., Hanifah, F. N. ., Athaya, R. P. ., & Purwasi, R. . (2022). Profil Critical Thinking Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X untuk Menunjang Profil Pelajar Pancasila. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2). https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i2.287

Issue

Section

Articles