Pengelolaan PAUD Berkualiatas melalui Konsep Sekolah Ramah Anak
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i3.291Keywords:
Pengelolaan pendidikan anak usia dini, sekolah ramah anakAbstract
Tujuan penelitian ini adalah memberikan deskripsi pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini yang berkualitas melalui konsep sekolah ramah anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Hasil penelitian yang dihasilkan adalah konsep pengelolaan pendidikan anak usia dini berbasis sekolah ramah anak. Tahap – tahap pengelolaan pendidikan anak usia dini melalui konsep sekolah ramah anak yaitu perencanaan, implementasi pengembangan dan evaluasi kegiatan. Tahap perencanaan adalah tahap dimana merumuskan konsep pendidikan anak usia dini melalui sekolah ramah anak. Tahap implementasi pengembangan adalah indikator yang harus dipenuhi dalam mengimplementasikan program pendidikan anak usia dini berkualitas berbasis sekolah ramah anak. Tahap evaluasi adalah tahap memberikan review terhadap pelaksanaan program.
References
Anak, P., & Dini, U. (2011). PENGEMBANGAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI TINGKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Tusriyanto Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. 1(1).
Dewi, K. S., & Ginanjar, A. S. (2019). Peranan Faktor-Faktor Interaksional Dalam Perspektif Teori Sistem Keluarga Terhadap Kesejahteraan Keluarga. Jurnal Psikologi, 18(2), 245. https://doi.org/10.14710/jp.18.2.245-263
Farida, S. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud. Wacana Didaktika, 5(02), 189. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.v5i02.63
Gustiana, A. D. (2019). Kesiapan Menuju PAUD Ramah Anak. Edutech, 18(1), 58.
Muka, J. R., Rw, R. T., & Gadung, P. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Jakarta. 33(2), 79–84.
Ndeot, F. (2019). Pentingnya Pengembangan Kurikulum di PAUD. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 30–36.
Nomar, C. P., & Juni, T. X. (1994). MENGEFEKTIFKAN PERAN KELUARGA DALAM MENDlDlK ANAK. 2(2), 59–72. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9119
Peran, P., Dalam, K., Miftahul, S., & Nglawak, U. (n.d.). PENDIDIKAN ANAK. 2.
Prahestiwi, E. R. (2020). Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Alam Jomin Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Indonesian Journal Of Adult and Community Education, 2(1), 43–49.
Puspitawati, H. (2013). Konsep dan Teori Keluarga. Gender Dan Keluarga, 4(Zeitlin 1995), 1–16. https://doi.org/10.1249/01.mss.0000074580.79648.9d
Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(02), 193–194. www.ejournal.unuja.ac.id
Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155
Solihat, I., & Riansi, E. S. (2018). Literasi Cerita Anak Dalam Keluarga Berperan Sebagai Pembelajaran Pembentuk Karakter Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 258. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3869
Sumantri, B. A., Ahmad, N., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2019). TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 3(September), 1–18.
Suyatni, Suib, M., & Syukri, M. (2015). Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini pada Kelompok Bermain. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa, 4(8), 14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 MARGIYANTO MARGIYANTO
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.