Penggunaan Media Ispring Suit Berbasis Mobile Learning Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 3 SD
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i3.292Keywords:
Media Ispring Suite, Mobile Learning, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media Ispring Suite berbasis mobile learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika khususnya siswa kelas 3 sekolah dasar. Media Ispring Suit adalah media perangkat lunak (software) yang terintergrasi dalam menu power point. Hasil media Ispring Suit yang dihasilkan dapat dioperasikan dengan menggunakan android sehingga dalam implementasinya menggunakan sintaks pembelajaran mobile learning. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan portofolio. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Negeri Laweyan No.54 Kota Surakarta. Hasil penelitian ini memberikan diskripsi bahwa penggunaan media Ispring Suit berbasis mobile learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penilaian proses keterampilan berpikir kritis siswa kelas 3 khususnya pada pembelajaran matematika meningkat dari rata – rata 71,55 menjadi 83,55. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Ispring Suite berbasis mobile learning pada pembelajaran matematika kelas 3 sekolah dasar memberikan dampak positif terhadap keterampilan berpikir krisis siswa yang akhirnya juga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
References
anggi lestari. (2016). Penerapan strategi pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 9–17. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/8639
Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Firdha, N., & Zulyusri, Z. (2022). Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 101–106. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.101-106
Junita, W. (2019). Penggunaan mobile learning sebagai media dalam pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 602–609. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/38863/3/ATP 69.pdf
Latif Ardyanto, Y., Rahmadian, R., Kholis, N., & Widodo, A. (n.d.). Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Dengan Android Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar (Studi Literatur), (1).
Lestyorini, R. D., & Noviyanto, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan Berbasis Adobe Flash di Kelas V SD Negeri Kabupaten Indramayu. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 217. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.34938
Machfud, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SDN Jumputrejo Melalui Metode Blanded Lerning dengan Aplikasi Whatsapp. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 43. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i1.32176
Martiningsih, R. R. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Himpunan Dengan Menggunakan Aplikasi Ispring Suite 8. Jurnal Teknodik, 35. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i3.344
Nopitasari, E., Rahmawati, F. P., & Ratnawati, W. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Blog pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1935–1941. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/699
Purwati, P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Jawa Materi Menulis Karangan Cerita Peristiwa Alam dengan Media Power Point pada Siswa Kelas V SD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 1. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i1.23334
Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414
Rifai, A., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Mobile Learning Sebagai Pendukung Sumber Belajar Biologi Siswa SMA. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p010
Susanti, E. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sdn Margorejo VI Surabaya melalui Model Jigsaw. Bioedusiana, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.34289/285232
Twiningsih, A. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Penggunaan Media Si Pagar Air Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains di Masa Pandemi, 4(2), 2267–2274.
Twiningsih, A., Sajidan, S., & Riyadi, R. (2019). The effectiveness of problem-based thematic learning module to improve primary school student’s critical thinking skills. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(1), 117–126. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i1.7539
Warsita, B. (2018). Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif Dan Inovatif. Jurnal Teknodik, XIV(1), 062–073. https://doi.org/10.32550/teknodik.v14i1.452
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 ANIK TWIN TWININGSIH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.