Implementasi Media Loose Parts pada Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i2.362Keywords:
Media Loose Parts, Pembelajaran PAUDAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran krusial dalam perkembangan fisik, kognitif, emosional, dan sosial anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi media loose parts pada pembelajaran PAUD. Metode penelitian ini menggunakan metode studi literatur yaitu mengkaji berbagai sumber terkait implementasi media loose parts pada pembelajaran PAUD kemudian dianalisis sehingga menghasilkan sebuah hasil penelitian yaitu kajian teoritis. Sumber data yang digunakan adalah beberapa artikel jurnal ilmiah terkait media loose parts di PAUD, teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis berbasis kajian studi literatur. Hasil penelitian yang dihasilkan adalah kajian teori terkait media loose parts di pembelajaran PAUD. Media loose parts sangat memberikan dampak positif terhadap pembelajaran di PAUD karena sifatnya yang longgar dan mudah didapatkan di lingkungan sekitar serta ragamnya yang banyak sehingga memudahkan guru untuk menyediakannya untuk media belajar siswa. Media loose parts memberikan inovasi baru dalam pembelajaran di PAUD karena dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa, baik keterampilan berpikir kritis, keterampmpilan berpikir kreatif. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian studi literatur ini adalah media loose parts sangat direkomendasikan untuk pembelajaran PAUD karena sifatnya yang longgar, mudah didapat dan banyak ragamnya. Kontribusi penelitian ini penggunaan media loose parts dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada anak.
References
Afandi, A. N. H., & Aka, K. A. (2019). Pengembangan dan Validasi Instrumen Analisis Buku Tematik-Terpadu pada Kurikulum 2013 Integrated-Thematic Book Analysis on Curriculum. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 199–219.
Ardian, A., & Munadi, S. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning dan Kemampuan Spasial terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 454. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7843
Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring DitengahPandemi Covid-19. Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 79–88.
Bronowski, J. (2010). Student-Centered Learning SCL Toolkit.
Casey, T., & Robertson, J. (2016). Loose Parts Play: a toolkit.
Dacey, J. S., & Madaus, G. F. (1969). CREATIVITY : DEFINITIONS , EXPLANATIONS. The Irish Journal o f Education, 3(12), 55–69.
Daly, L., & Beloglovsky, M. (2015). Loose Part: Inspiring Play in Young Children. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April). Redleaf Press.
Farida, A. (2020). Penggunaan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia. UIN Jakarta.
Fono, Y. M., & Ita, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Loose Parts untuk Menstimulus Kreativitas Anak Kelompok B di Kober Peupado Malanuza. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 9290–9299.
Hadiyanti, S. M., Elan, E., & Rahman, T. (2021). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 337–347. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9329
Hergenhahn, B. ., & Olson, M. H. (2008). Theories of Learning (7th ed.). Prenada Media Group.
Muryaningsih, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN BERBAHAN LOOSE PART DALAM PEMBELAJARAN EKSAK DI MI KEDUNGWULUH LOR. Khazanah Pendidikan, 15(1), 84. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i1.10360
Najib, D. A., & Elhefni. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28.
Perrotta, C., Featherstone, G., Aston, H., & Houghton, E. (2013). Game-based learning: Latest evidence and future directions. In NFER (National Foundation for Educational Research).
Pho, A., & Dinscore, A. (2015). Game-Based Learning Overview and Definition. Tips and Trends Instructional Technologies Commitee, Spring 2015, 1–5.
Putri, I. A. K., Seriadi, S. L. N., & Luwih, I. M. (2021). BELAJAR SAMBIL BERMAIN DI MASA PANDEMI MELALUI MEDIA LOOSE PART DI TK SHANTI. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/26158396
Rahayu, T. (2019). Karakteristik siswa sekolah dasar dan implikasinya terhadap pembelajaran. Jurnal Institusi Misbahul Ulum, 1(2), 109–121.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational prespective (6th ed.). Pustaka Pelajar.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 112–122. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Suhariami, Y., Hariani, L. S., & Firdaus, R. M. (2019). Berpikir Kritis : Student Centered Learning (Scl) Dan Reciprocal Teaching. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.21067/jrpe.v4i1.3775
Sumarseh, D. E. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbahan Loose Part in Door Untuk Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5, 65–75.
Sungkono. (2008). Pemilihan dan penggunaan media dalam proses pembelajaran. In Majalah Ilmiah Pembelajaran (Vol. 4, Issue 1, pp. 71–79).
Tadkiroatun, M. (2018). Teori dan Konsep Bermain. Modul PAUD: Bermain Dan Permainan Anak UT, 1–44. http://repository.ut.ac.id/4699/1/PAUD4201-M1.pdf
Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., Dewi, N. K., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., & Sholeha, V. (2020). The utilization of loose parts media in steam learning for early childhood. Early Childhood Education and Development Journal, 2(2), 1. https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i2.46326
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fepi Triminur Haryanto, Anik Twiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.