Analisis Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen bagi Anak Masa Pra-Remaja (Usia 12-15 Tahun) Terhadap Perkembangan Fisik dan Mental
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i3.295Keywords:
Pra Remaja, Metode Mengajar, Pendidikan Agama KristenAbstract
Masa pra remaja adalah masa yang dikenal dengan usia belasan tahun dan biasanya juga disebut sebagai masa awal terjadinya pubertas. Banyak masalah-masalah yang terjadi pada usia ini baik dalam perkembangan fisik dan mental, salah satunya adalah dalam usia ini anak suka memberontak, susah diatur, tidak percaya diri, merasa malu dengan penampilan, cepat bosan dan lain sebagainya. Tentu hal ini menjadi sebuah kendala bagi pengajar khususnya guru pendidikan agama Kristen dalam mengajar peserta didik dalam usia ini. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis metode mengajar yang diterapkan oleh guru pendidikan agama Kristen. Dalam menerapkan metode mengajar yang baik dan benar, seorang guru pendidikan agama Kristen harus memiliki sikap profesionalisme dalam mengajar. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan memberikan gambaran dan jawaban jawaban dari permasalahan yang ada.
Kata kunci: Pra remaja, metode mengajar, perkembangan fisik dan mental.
References
Dabson, James. Menjelang Masa Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, n.d.
Fitria, Agus. “Menghadapi Masa Pra Remaja Pada Anak – RSUP Dr. Sardjito,” n.d. Accessed August 8, 2022. https://sardjito.co.id/2019/06/05/menghadapi-masa-pra-remaja-pada-anak/.
Gunarsa, Singgih D. Psikologi praktis: anak, remaja dan keluarga. BPK Gunung Mulia, 1991.
Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga, 1980.
Marcus, Marton Deutsch, Peter T. Coleman, Eric C. Handbook Resolusi Konflik: Teori dan Praktek. Nusamedia, 2016.
Mariyati, Lely Ika, and Vanda Rezania. Buku Ajar Psikologi Perkembangan Manusia 1. UMSIDA Press, 2021.
M.Pd.I, Safrudin Aziz. Pendidikan Seks Perspektif Terapi Sufistik Bagi LGBT. Penerbit Ernest, n.d.
Panggabean, Justice Z. Z. “Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen Pada Sikap Mengimplementasikan Kurikulum.” Jurnal Christian Humaniora 2, no. 2 (2018): 99–113.
Qurtubi, Ahmad. Perbandingan Pendidikan. Jakad Media Publishing, n.d.
Riady, Erliana. “Dibully Hingga 6 Kali Pingsan, Siswa SMPN di Blitar Tak Mau Sekolah.” detiknews. Accessed August 31, 2022. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4770567/dibully-hingga-6-kali-pingsan-siswa-smpn-di-blitar-tak-mau-sekolah.
Rohmah, Noer. Psikologi Agama. Jakad Media Publishing, n.d.
Sumarmi, Ni Putu. Psikologi Perkembangan Anak. CV. Lumina Media, 2022.
Sunaryo. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC, 2004.
Windayani, Ni Luh Ika, Ana Widyastuti, Emmi Silvia Herlina, Dina Chamidah, Rini Novianti Yusuf, Ince Weya, Dede Ajeng Arini, Agung Prihatmojo, and Karwanto Karwanto. Pengantar Teori Perkembangan Peserta Didik. Yayasan Kita Menulis, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Anwar Three Millenium Waruwu Waruwu, Orianto Hura Hura
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.