Implementasi Pembelajaran yang Berpijak pada Teori Kognitif dan Humanistik

Authors

  • Rifqi Thoriq U Thoriq mahasiswa

Keywords:

Learning, Cognitive, Humanistic

Abstract

Abstrak

Dalam proses pembelajaran, pendidik merupakan komponen yang paling penting yang menjadi tonggak keberhasilan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teori kognitif – humanistic dalam pembelajaran agar pelaksanaannya lebih maksimal. Teori kognitif adalah teori yang umumnya dikaitkan dengan proses belajar, sedangkan teori belajar Humanistik menyatakan bahwa tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia. Menerapkan teori kognitif - humanistic berarti memicu potensi berfikir dalam belajar, menstimulus kinerja otak dalam berperilaku, mendidik peserta didik untuk berpikir secara dalam, memprioritaskan pengalaman dan membutuhkan keikutsertaan aspek keaktifan peserta didik itu sendiri yang di butuhkan dalam proses belajar.

Kata Kunci: Pembelajaran, Kognitif, Humanistic

 

Abstract

In the learning process, the educator is the most important component that becomes a milestone in the learning process. The purpose of this study is to determine the application of cognitive – humanistic theory in learning so that its implementation is more optimal. Cognitive theory is a theory that is generally associated with the learning process, while Humanistic learning theory states that the purpose of learning is to humanize the human being. Applying cognitive - humanistic theory means triggering the potential for thinking in learning, stimulating brain performance in behavior, educating students to think deeply, prioritizing experience and requiring the participation of aspects of student activity itself that are needed in the learning process.

Keywords: Learning, Cognitive, Humanistic

References

Asri Budiningsih, C. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arbayah, Model Pembelajaran Humanistik, Vol 13. No. 2, Desember 2013.

Al Rasyidin & Wahyudin Nur Nasution, 2011, Teori Belajar dan Pembelajaran,

Medan : Perdana Publishing

Baharuddin dan Moh.Sakin. 2011. Pendidikan Humanistik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Budiningsih, Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran (Cetakan pertama). Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia,

Jakarta: Balai Pustaka

Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Koeswara, E. 1991. Teori teori kepribadian. Bandung: Erosco.

Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan (Cetakan Pertama).Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Perni, Nyi Nyoman. (2018) Penerapan Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran. Urnal Pendidikan Dasar Volume. 3, Nomor 1

Putrayasa, Ida Bagus. 2013. Landasan Pembelajaran. Bali: Undiksha Press

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Cetakan Kelima). Jakarta: RINEKA CIPTA

Suprihatin, Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama

Islam, Vol. 3, No. 1, Januari – Juni 2017.

Sriyanti, Lilik, dkk. 2013. Teori Teori Belajar. (Salatiga : STAIN Press), 92-93

Sanusi, Uci, Pembelajaran dengan Pendekatan Humanistik , vol.11 No.2, 2013

Syamsu Yusuf dan Juntika Nurihsan. 2007. Teori kepribadian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thabrani, Muhammad dan Arif Musthafa. 2012. Belajar & Pembelajaran (Cetakan kedua). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Yudhawati, Ratna dan Dani Haryanto. 2011. Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan (Cetakan Pertama). Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Published

2022-12-31

How to Cite

Thoriq, R. T. U. (2022). Implementasi Pembelajaran yang Berpijak pada Teori Kognitif dan Humanistik. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(4), 166–176. Retrieved from http://ojs.itapi.or.id/index.php/edudikara/article/view/297

Issue

Section

Articles