Pengaruh Model Pembelajaran Numberred Heads Together terhadap Hasil Belajar Materi Peredaran Darah Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Afifah Dini Yanuanti SD Negeri 4 Bucu
  • Nur Fajrie

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i1.320

Keywords:

Kata kunci: model pembelajaran, NHT, hasil belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa materi peredaran darah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, desain penelitian menggunakan randomized control group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan sebanyak 6 pertemuan dengan 3 pertemuan di kelas kontrol dan 3 pertemuan di kelas eksperimen. Sebelum melakukan penelitian, terlebih dahulu melakukan uji coba soal. Penelitian ini berimplikasi bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

 

 

 

References

Aldistya, A. B. (2019). Peningkatan Kerjasama Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (Nht) Pada Pembelajaran Ipa Kelas IV A Sd N Margoyasan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(8), 622–635.

Asna, R., Isnaniah, I., & Enni, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbers Heads Todether ( Nht ) Untuk Meningktkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 02 Ampek Angkek. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(4), 399–408.

Fatimah, I. F., Nurfarida, R., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Strategi inovasi kurikulum; sebuah tinjauan teoretis. EDUTEACH: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16–30.

Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together ( NHT ) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192–201.

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa, N. R. (2022). Tugas , Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12.

Ningsih, D. G. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) (Studi Kasus di SMPN 12 Bengkulu Tengah). Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(3), 309–316.

Prihartini, Y., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88.

Qomariyah, L., & Tjahjono, A. B. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Numbered Head Together ( NHT ) dalam Pembelajaran PAI Implementation of Learning Method Numbered Head Together ( NHT ) In Islamic Religion. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira, 1(1), 1348–1355.

Siregar, R. N., Mujib, A., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56–62.

Sodiq, F., Maharani, W., Nisa, I. M., Satria, E. R. P. B., & Faizah, R. (2020). Uji Validitas dan Reliabil Reliabilitas University Stress Scale. In Prosiding University Research Colloquium, p(p), 136–140.

Suryaningsih, E. (2022). Application of The Number Head Together Using Print Digital Puzzle. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 14(1), 99–104.

Syamsu, F. D., & Rahmiyani, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat Sifat Benda Kelas III Sd Negeri Suak Pandan Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(1), 83–92.

Uliatunida, N. (2020). Perencanaan kurikulum untuk mencapai tujuan pendidikan. Medikom| Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Dakwah, 2(1), 35–48.

Downloads

Published

2023-04-08

How to Cite

Yanuanti, A. D. ., & Fajrie, N. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Numberred Heads Together terhadap Hasil Belajar Materi Peredaran Darah Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i1.320

Issue

Section

Articles