Kemampuan Literasi dalam Pembelajaran Membaca Teks pada Siswa Kelas VI Melalui E-Modul di SD Negeri 2 Kuwasen Kecamatan Jepara

Authors

  • Anita Ferlyana Universitas Muria Kudus
  • Nur Fajrie

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i1.321

Keywords:

Literasi Membaca, Modul

Abstract

Literasi adalah kemampuan mengakses, memahami, dan mengunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis atau berbicara. Membaca merupakan suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan pembaca untuk memperoleh pesan yang akan disampaikan oleh penulis melalui media kata – kata atau bahasa tulis. Rendahnya minat membaca, sulitnya memahami kata-kata sulit pada teks menjadi latar belakang penelitian. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti mengembangkan e-modul sebagai bahan ajar. E-modul merupakan bahan ajar mandiri untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang disusun secara sistematis ke dalam unit pembelajaran terkecil, kemudian disajikan dalam bentuk elektronik yang membuat pengguna lebih interaktif dengan program. Tujuan penelitian meningkatkan kemampuan literasi membaca dan hasil belajar anak, serta sarana berpikir aktif, kreatif, bernalar kritis dan inovatif. Metode penelitian menggunakan dekriptif kualitatif. Kesimpulan penelitian bahwa dari pengujian validasi oleh ahli desain dan ahli materi pembelajaran tematik dengan persentase 92,31 % dan 87,49 % dalam kategori valid.

References

Anggreni, N. N. D., & Agustika, G. N. S. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning Materi Pecahan Kelas IV di SD No. 2 Sembung. Journal on Teacher Education, 2(3), 35–43.

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–83. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2869

Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). Higher Education Research Methodology. Higher Education Research Methodology, 1–5. https://doi.org/10.4324/9781315149783

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Guswita, R., Aprizan, A., & Subhanadri, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Dengan Menggunakan Strategi Quantum Reading Pada Siswa Kelas V Sdit Al Akhyar Kabupaten Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 90–97. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.744

Herawati, Sunarya, N., & Muhtadi, A. (2020). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas Xi Ipa Sma. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Karmal NW Kembang Kerang, 4(1), 57–69.

Kaniyah, Y., Purnamasari, I., & Siswanto, J. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(2), 2774–2156.

Maulida, Y. (2022). Mengimplementasikan Budaya Literasi Dalam Dunia Pendidikan Untuk Membangun Kualitas Anak Bangsa. Thesiscommons, 1–10. https://thesiscommons.org/2fqdz/

Muhammadiyah Mataram, U., Kusnadi, D., Nizaar, M., Fujiaturrahman, S., Muhdar, S., & Pgsd, P. (2022). Seminar Nasional Paedagoria Pengembangan Modul Ajar Berbasis Ensiklopedia untuk Menunjang Hasil Belajar Siswa SD. 2(2021), 142–148.

Pratiwi, M. K., & Indana, S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis QR-Code untuk Melatihkankemampuan Literasi Digital Siswa pada Materi Perubahan lingkungan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 457–468. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p457-468

Sholihin, S., Al Amin, M., Laili, R. N., Nashir, M., Munif, B., Pamungkas, A. Y. F., Rachmawan, I., Toga, E., & Roshanti, D. (2022). UPAYA PENINGKATAN LITERASI MEMBACA SISWA MELALUI SEDEKAH BUKU DAN PROGRAM SEMINGGU SEBUKU DI SD NEGERI 1 GROGOL KECAMATAN GIRI – BANYUWANGI. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 109–118.

Syafa, I. P., Putri, M., Setiawati, N. Z. E., & Marin, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Literasi Berbasis E-Modul terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 315–330.

Syahputri, I., & Dafit, F. (2021). Pengembangan E-Modul Membaca Siswa Kelas 3 SDN 029 Pekanbaru. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 671–686. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1081

Tita, N. W, Mustika, D. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 411–422.

Wardhana, S. O. (2022). E-Modul Interaksi Berbasis Nature of science (NoS) Perkembangan Teori Atom Guna Meningkatkan Level Kognitif Literasi Sains Peserta Didik. UNESA Journal of Chemical Education, 11(1), 34–43.

Downloads

Published

2023-04-08

How to Cite

Ferlyana, A., & Fajrie, N. . (2023). Kemampuan Literasi dalam Pembelajaran Membaca Teks pada Siswa Kelas VI Melalui E-Modul di SD Negeri 2 Kuwasen Kecamatan Jepara. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i1.321

Issue

Section

Articles